7 Cara Mencegah Computer Vision Syndrome

Minggu, 01 Januari 2017 15:52 Superadmin Dibaca 135x
7 Cara Mencegah Computer Vision Syndrome
Ilustrasi cara pencegahan computer vision syndrome(foto:net)
SHARE THIS:

Menatap layar komputer selama berjam-jam setiap hari dapat menyebabkan computer vision syndrome (CVS). Pekerja yang menghabiskan waktu menatap komputer dan juga gadget lainnya sangat rentan terkena masalah ini. Tak terkecuali anak-anak yang kecanduan video game. Menatap layar gadget dalam waktu lama bisa menyebabkan mata menjadi tegang dan tidak rileks. Gejala CVS antara lain, penglihatan kabur, mata perih dan kering, hingga sakit kepala. Di era digital ini, rasanya tak mungkin menghindar dari penggunaan gadget. Untuk itu, demi tetap menjaga kesehatan mata, ada 8 cara mudah mencegah CVS seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Membasuh wajah sekaligus mata
Bekerja terlalu lama menggunakan komputer mungkin sulit dihindari. Tetapi, jangan biarkan mata Anda mengalami ketegangan terus menerus karena menatap layar komputer. Basuhlah wajah dengan air, setidaknya setiap dua jam sekali. Dengan begitu, mata menjadi segar kembali.

2. Lepaskan pandangan setelah 20 menit
Saat bekerja menggunakan komputer, sesekali lepaskanlah pandangan langsung ke layar. Setelah 20 menit menatap layar, Anda bisa melihat benda-benda di sekitar ruangan kerja. Lakukan selama 20 detik, kemudian kembali menatap layar komputer.

3. Menjaga jarak pandang
Jangan terlalu dekat menatap layar komputer Anda. Jagalah jarak pandang setidaknya 12-15 inci dari layar komputer.

4. Pakai mentimun
Nah, ketika di rumah, kurangi stres dan menenangkan mata dengan irisan mentimun. Potong mentimun, kemudian tutupi mata dengan irisan mentimun tersebut selama beberapa menit. Setelah dibuka, mata akan rileks dan kembali segar.

5. Gunakan kacamata khusus
Ada kacamata khusus anti-silau yang bisa digunakan untuk menghalau paparan sinar biru dari gadget. Cobalah konsultasi ke dokter mata untuk mendapatkannya. Agar tidak silau, Anda juga bisa mengatur cahaya di komputer.

6. Gunakan lampu terang
Bekerja dalam kegelapan menggunakan komputer tidak disarankan. Gunakanlah lampu di meja yang cukup terang.

7. Pelembab mata
Gunakan tetes mata untuk menjaga kelembaban mata. Selain itu juga bisa untuk mengurangi peradangan, iritasi, dan kemerahan pada mata. Konsultasikan dengan dokter mata untuk penggunaan pelembab mata yang tepat.