Unik Dan Menarik ?Elka Estylo? Sepatu, Sandal Tenun Ikat Pertama Di NTT

Minggu, 01 Januari 2017 13:32 Superadmin Dibaca 166x
Unik Dan Menarik ?Elka Estylo? Sepatu, Sandal Tenun Ikat Pertama Di NTT
Sepatu Koleksi terbaru dari ?Elka Estylo? (foto:pribadi)
SHARE THIS:

Industi kreatif semakain berkembang  dan membutuhkan sentuhan tangan tangan kreatif seiring perkembangan perekonomian semakin cepat dengan munculnya potensi ekonomi baru yang mampu menopang kehidupan perekonomian masyarakat dunia.

Seperti diketahui, awalnya, kegiatan perekonomian hanya bertumpu pada perekonomian berbasis sumber daya alam, seperti pertanian. Kini, perekonomian dunia sudah bergeser ke perekonomian berbasis sumber daya manusia, yakni industri dan teknologi informasi.

Sejatinya, cetak biru rencana pengembangan industri kreatif yang terfokus pada 14 subsektor industri kreatif, yakni arsitektur, desain, fashion, film, video dan fotografi, kerajinan, layanan komputer dan piranti lunak, musik, pasar barang seni, penerbitan dan percetakan, periklanan, permainan interaktif, riset dan pengembangan, seni pertunjukan, serta televisi dan radio. Meski begitu, selama ini, yang paling menonjol dalam kontribusi perekonomian adalah fashion dan kerajinan.

Pertumbuhan saja dirasa tidak cukup. Pengembangan industri kreatif sekarang ini harus disinergikan dengan industri berbasis budaya. Dengan penekana pada industri kreatif budaya inilah Mikael Kopong mengambil peluang dengan niatan ingin merubah kehidupan dengan mengembangkan industri rumah(home Industri) dengan memproduksi sandal, sepatu dari kain tenun dengan semangat dan modal yang minim termotivasi bawahhasanya PNS bukan pilihan meraih sukses  dan bukan pilihan satu satunya dalam hidup.

Dengan spirit itulah Mikale mencoba membuat usaha Industri Rumah (home industry) dengan merek produknya Elka Estylo yang berlokasi di Jalan Oeekam RT.11/RW 05  Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Usaha ini dirintis sejak Tahun 2012 memproduksi spatu, sandal yang sudah menembus pasar domestik baik yang ada di NTT dan juga di luar NTT daintaranya, Jawa, Sumatra(Bangka), Kalimantan, Irian  produk spatu dan sandal sesuai permintaan pasar, para konsumen yang menyukai produk  karen keunikan dari spatu dan sandal tersebut karena berbahan tenuun ikat dan juga kekasaan dari sepatu dan sandal tersebut adalah motifnya.

Produksi Elka Estylo ini juga sudah mengikuti beberapa pameran bergengsi dintaranya Pameran Industri Kretif Hari Koperasi Nasional, Pameran JCC Expo, Pameran Tahunan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi NTT di Taman Mini Indonesia. Produksi usaha Industri Rumah (home industry) ini material yang dibutuhkan yaitu, sarung tenun yang memang banyak di NTT , dan beberapa bahan yang di datangkan dari pulau jawa yaitu  kulit, busa sandal, sol, karton, paku dan benang.

Dalam mendukung jalanya usaha ini Mikael Kopong mendatangkan mesin – mesin produksi diantaranya mesin pres, mesing pemotong busa sandal, mesin jahit kulit, mesin seset kulit, mesin embos, mesin amplas. Mikael juga membekal diri dengan mengikuti pelatihan–pelatihan dalam pengembangan usaha industri kreatif yang diselengarakan oleh Kementrian.

Dalam mencukupi dan menjawab permintaan pasar yang kian hari makin meningkat kendala yang dihadapi berupa modal mendatangkan material material pendukung yang harus didatangkan dari pulau Jawa. Untuk terus mengembangkan industri rumah dan jalanya usaha ini Mikael juga menjadi instruktur pelatihan usaha untuk mendorong niat generasi muda yang ada di NTT menjadi pelaku usaha industri namun kendal yang dihadapi yaitu minimnya semangat usaha teman teman muda karena mereka lebih memilih mendapatkan uang di hari ini juga ketimbang harus bersusah payah menjalankan atau merintis usaha dalam jangka panjang ini yang menjadi kendala ujar Mikael ketika redaksi kataku.co.id  berkunjung dan melihat lebih dekat proses produksi di workshop Elka Estylo sekarang juga sedang dikembangkan produksi tas, dompet, gantungan kunci semoga bisa berjalan lancar ujar Mikael.

Saat ini produk spatu dan sandal dari Elka Estylo  dengan jenis sepatu high heels, sepatu pantofel, sepatu sandal, sepatu flat, sandal santai dipajang di stand binahan Dinas Sosial Propinsi NTT Lokabinkra Oesapa Kota Kupang NTT dan bisa mengontak langsung ke Elka Estylo di no 081246550309.