Mardani H. Maming: Karyawan UMKM yang di PHK Bisa Diikutkan Program Kartu Prakerja

Sabtu, 20 Juni 2020 00:52 Admin Web Dibaca 194x
Mardani H. Maming: Karyawan UMKM yang di PHK Bisa Diikutkan Program Kartu Prakerja
Ketua BPP HIPMI Mardani H. Maming bersama mentri BUMN Erik Thohir berkunjung ke Labuanbajo berapa waktu lalu/*ist/BapaKita.id
SHARE THIS:
JAKARTA, BapaKita.id – Pandemi Covid-19 setidaknya menimbulkan tiga dampak terhadap perekonomian. Penurunan pertumbuhan ekonomi, peningkatan pengangguran, dan peningkatan kemiskinan.

“Untuk itu, pemerintah harus segera menyiapkan program dan kebijakan pemulihan secara cepat dan tepat,” ujar Ketua Umum BPP HIPMI, Mardani H. Maming


Mardani mengungkapkan hal itu dalam acara Webinar pembicaraan kita di Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI di 34 provinsi. Yakni masalah program kartu pra kerja. Kita mau, karyawan UMKM yang di PHK bisa diikutsertakan ke dalam program ini,” tandas Mardani.

Karyawan UMKM yang di PHK dan diikutsertakan ke dalam program kartu pra kerja, sambung Mardani, tidak perlu 100 persen diikutsertakan. Paling tidak ada yang masuk dalam program kartu pra kerja tersebut.


Sebab, imbuh Mardani, anggota HIPMI yang rata-rata semua UMKM, akibat pandemi Covid-19 banyak yang collapse atau tidak bisa membayar anggaran untuk ke bank-nya..

“Sehingga perlu perhatian pemerintah, khususnya pengusaha-pengusaha kecil. Kalau pengusaha besar, boleh dikasih perhatian, tapi tidak perhatian full,” ucapnya.

Mantan Bupati Tanah Bumbu ini mengakui dirinya juga termasuk pengusaha besar dan juga sudah mendapatkan relaksasi kredit melalui pinjaman bank..

“Tapi saya perlu memperjuangkan kawan-kawan saya (BPD) se-Indonesia. Bagaimana mereka bisa terselamatkan dari pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Pengusaha-pengusaha kecil yang belum ada nama, lanjut Mardani, agak sulit melakukan negosiasi dengan pihak bank. Karena itu, harus diperjuangkan untuk bisa mendapatkan relaksasi kredit. (Bapakita.id/foto: ist)