Kunjungi SMP Ampera, Ini Pesan Wabup Lembata Kepada Para Guru

Senin, 17 Februari 2020 22:39 Admin Web Dibaca 343x
Kunjungi SMP Ampera, Ini Pesan Wabup Lembata Kepada Para Guru
Wabup Lembata pose bersama Kepala Sekolah Ampera serta pa guru
SHARE THIS:

Lewoleba, bapakita.id - Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday melakukan inspeksi di SMP Ampera, SMPN 1 Ile Ape dan SDI Kolontobo di Kecamatan Ile Ape pada Senin, (17 Februari 2020) pagi.

"Inspeksi hari ini selain memastikan proses kegiatan belajar mengajar disekolah juga saya ingin mengetahui sejauh mana kesiapan para guru dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada para siswa-siswi disekolah", Ungkap Mantan Dekan Fakultas Ekonomi Unwira Kupang.

Wabup Lembata pada kesempatan yang sama turut menyambangi kelas 7, 8 dan 9 di SMP Ampera Ile Ape tersebut. Banyak hal yang disampaikan untuk para siswa. Salah satunya adalah memberikan semangat dan motivasi kepada mereka sebagai upaya pengembangan jati diri dan pembentukan karakter pribadinya. 

Mantan Dosen Ekonomi Unwira Kupang ini juga tak tidak tanggung-tanggung memberikan semacam stimulus agar para siswa sebisa mungkin mempunyai mimpi dan visi yang besar selama berada di jenjang pendidikan formal, sehingga setelah selesai melaksanakan study para siswa telah siap menerima setiap perubahan besar dalam kehidupan sosial.

Kepala Sekolah SMP Ampera Bibiana Perada Bali, S.Pd dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi kepada Wakil Bupati Lembata karena telah hadir dan terlibat langsung memantau proses jalannya kegiatan belajar mengajar di sekolah baik dari para guru maupun peserta didik di dalam kelas. 

Selain memberikan apresiasi kepada Wakil Bupati Lembata, dirinya pun menyampaikan tentang kondisi dan status sekolah SMP Swasta Ampera Ile Ape yang sempat menuai banyak kontroversi di masyarakat terkait dengan status dan legalitas sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan. 

"Kami minta agar Bapak Wakil Bupati melalui dinas teknis (Dinas PKO) agar bisa membantu dan menerangkan secara jelas seperti apa keberadaan sekolah ini, mulai dari sejarah dibentuknya Yayasan Persekolahan Ampera hingga terbentuk pula SMP Swasta Ampera Ile Ape ini. Ini sebagai langkah menepis semua polemik dan persepsi masyarakat akan sekolah kami", Ungkap Perada Bali.

Oktovianus Ama Lawe, S.Pd dalam kesempatan yang sama menyatakan terima kasih atas silahturami yang terjadi hari ini. Ia juga berharap agar intensitas kunjungan bisa dapat dilakukan kapan saja oleh Wabup Lembata, sebagai bentuk dukungan dari baik dari sisi gagasan/pikiran bagi proses mengajar untuk para guru dan juga menjadi motivator bagi peserta didik untuk selalu semangat dalam belajar.

Menyikapi hal tersebut Thomas Ola akan melakukan koordinasi bersama dinas PKO dan Lembaga Yayasan Persekolahan Ampera sehingga bersama-sama bisa menemukan solusi atas dinamika yang terjadi.

"Dinamika dalam dunia pendidikan itu hal lumrah dan pasti dialami oleh lembaga pendidikan manapun, entah itu lembaga milik negeri/pemerinth ataupun milik swasta. Dinamika yang terjadi menandakan bahwa ada progres yang baik. Pihak sekolah jangan takut. Ampera tetap eksis", Jelas Thomas.

Diakhir dialog, Mantan Guru dan Dekan Unwira Kupang itu berpesan kepada kepala sekolah dan jajaran tenaga pengajar untuk selalu total dalam mengajar peserta didik. Melihat fenomena kekinian yang tengah dialami generasi milenial, akan krisis moral dan karakter diri, Thomas Ola merasa cemas. Ia berpesan kepada para guru untuk selalu berlaku jujur dan bijaksana. Guru adalah dasar bagi pembentukan karakter siswa sekolah. 

"Guru boleh salah, tapi guru tidak boleh berbohong. Jika kita memberikan kepercayaan yang besar kepada seseorang cukuplah kita mencari atau memilih guru. Sebab lewat dan melalui guru kita hanya menemukan kejujuran. Pilihlah guru", tutup Mantan Guru Besar Fakultas Ekonomi Unwira Kupang. 

Untuk diketahui, kegiatan yang sama juga terjadi di SMPN 1 Ile Ape dan SDI Kolontobo. (TLM/bapakita)