PP PMKRI : Lakukan Penganiayaan, Brigpol Polce Adu Mesti dipecat

Senin, 20 Januari 2020 13:59 Dibaca 1992x
PP PMKRI : Lakukan Penganiayaan, Brigpol Polce Adu Mesti dipecat
Adrianus Oswin Goleng selaku korban sedang di visum di RS. Bayangkara
SHARE THIS:

Kupang, Bapakita.id - Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) Sanctus Thomas Aquinas, angkat bicara terkait penganiayaan terhadap ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang Adrianus Oswin Goleng oleh Brigpol Polce Adu Cs di Kantor Satlantas Polresta Kupang Kota pada Minggu 19 Januari 2020.

Melalui rilisan yang diterima media ini, Presidium Germas PP PMKRI Yohanes Paulus A. Zany Namang mengatakan peristiwa pemukulan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap Ketua Presidium Dewan Pimpinan Cabang PMKRI Cabang Kupang merupakan tindakan emosional dan tak etis.

“Tindakan kekerasan yang dipertunjukan oleh aparat kepolisian terhadap masyarakat sipil (Sdr. Adrinanus Oswin Goleng) ini merupakan sebuah pelanggaran serius yang dilakukan oleh aparat negara terhadap warga sipil. Tindakan tersebut menurut kami sangat jauh dari semangat mengayomi dan melayani yang selama ini gencar dikampanyekan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia”, ungkap Namang.

Lebih lanjut, Namang mengatakan Pengurus Pusat PMKRI meminta agar oknum kepolisian yang bertindak brutal terhadap warga sipil diberhentikan dari Kepolisian Republik Indonesia karena mencoreng nama baik Polri dan bakal menjadi ancaman serius bagi warga sipil dan demokrasi yang sedang di bangun ini.

Sementara itu, Ketua Presidium PP PMKRI Juventus Prima Yoris Kago mengatakan tindakan yang dilakukan oleh oknum polisi telah melanggar UU dan Perkap.

“Dalam standar tugas Kepolisian, penghormatan terhadap hak-hak manusia (HAM) harus diutamakan dan dijunjung tinggi,” tegasnya.

Lanjutnya, Juventus mengatakan kepolisian Satlantas Kota Kupang telah melakukan tindakan fair trial dan merusak citra polisi sebagai pengayom masyarakat sipil.

“Olehnya, bagi kami perlakuan ini tidak bisa di tolerir. Beberapa hari kedepan akan kami proses di Mabes Polri dan meminta Kapolri untuk segera memecat Brigpol Polce Adu Cs dari jabatannya,” ungkap Juventus di Gedung Margasiswa 1 PP PMKRI, Menteng – Jakarta Pusat. (bapakita/TH)