Tangkal Radikalisme Korem 091/ASN Adakan Lomba Hadrah.

Rabu, 26 September 2018 00:36 Superadmin Dibaca 129x
Tangkal Radikalisme Korem 091/ASN Adakan Lomba Hadrah.
Peronil Yonif 611/Awang Long sedang Menunjukan Kemapuan Memaninkan Hadrah dalam Lomba yang di Selengarakan Korem 091/ASN/Penerangan Korem 091/ASN
SHARE THIS:

Tim Hadrah Yonif 611/Awang Long Juarai Lomba Tingkat Korem 091/ASN.

SAMARINDA, Kataku.co.id - Seni hadrah merupakan salah satu kesenian tradisi di kalangan umat Islam. Kesenian ini berkembang seiring dengan tradisi memperingati Maulid Nabi di kalangan umat Islam.

Kesenian ini menggunakan syair berbahasa Arab yang bersumber dari kitab Al-Barzanji, sebuah kitab sastra yang terkenal di kalangan umat Islam yang menceritakan sifat-sifat Nabi dan keteladanan akhlaknya. Hal ini Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) guna melestarikan seni hadrah adakan Lomba Hadrah dalam rangka peringatan TNI ke-73.

Kegiatan ini mengambil Tema ” Melalui Kemanunggalan TNI – Rakyat, kita wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme “. Dalam amanatnya Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos mengatakan “Saya menyambut baik kegiatan ini, karena lomba ini selain dijadikan wadah untuk menyalurkan bakat dalam seni olah vocal dan seni gerak juga melestarikan budaya yang Islami.


Baca Juga: http://kataku.co.id/pelatihan-jurnalistik-dan-videografer-di-tutup-oleh-wakapuspen-tni.html


Hadrah adalah salah satu kesenian khas islam yang mendapat tempat dihati umat islam. Hadrah sebagai alat musik pengiring nyanyian juga sering digunakan untuk mengiringi tarian khas Islam untuk melantunkan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW”.

 “Dalam kegiatan ini para peserta dapat menampilkan kemampuan dan kreatifitasnya untuk menggali dan menemukan serta mengembangkan bakat seni.

Tradisi shalawat di Indomesia adalah bukti bahwa kehadiran Islam tidak menggerus budaya lokal justru membaur dan saling menguatkan.

Kita perlu mengingatkan kembali ajaran islam yang meneladani akhlak Rasulullah, Salawat sebagai eksprsi cinta umat kepada Nabinya merupakan salah satu cara untuk memberikan nuansa Islam yang sejuk.


Baca Juga: http://kataku.co.id/adat-agama-dan-tradisi--merupakan-anugerah-kekayaan-indonesia.html


Ketika kita terbiasa mengekpresikan bahasa cinta dalam tradisi keagamaan maka akan tercipta suasana yang lebih tenang. Agama jadi perekat yang menguatkan bukan menjadi faktor yang bisa memecah belah”, jelasnya.

Seuai rilis yang diterima media ini Lomba Seni Hadrah Tingkat Korem 091/ASN yang diikuti oleh Kodim jajaran Korem se-Kaltim, diantaranya dari Kodim 0901 Samarinda, Kodim 0902 Tanjung Redeb, Kodim 0903 Tanjung Selor, Kodim 0904 Tanah Grogot, Kodim 0906 Tenggarong, Kodim 0908 Bontang, Kodim 0909 Sangatta, Kodim 0912 Kutai Barat dan Kodim 0913 Penajam Paser Utara serta Yonif 611/Awang Long , keluar sebagi Juara I Lomba Hadrah Tingkat Korem 091/ASN adalah  Tim Hadrah Yonif 611/Awang Long.

Dari hasil penilaian juri, Tim Hadrah Yonif 611/Awang Long meraih Juara I dengan nilai 137, Juara II Kodim 0908 Bontang dengan nilai 132 dan juara III Kodim 0912 Kutai Barat dengan nilai 119. Sedangkan untuk juara akan bertanding ke Kodam VI Mulawarman dan diseleksi untuk di kirim ke Mabes TNI.*