Gairah Laut Timor Menantang Pemancing Nasional.

Jumat, 21 September 2018 15:02 Superadmin Dibaca 267x
Gairah Laut Timor Menantang Pemancing Nasional.
Istimewa
SHARE THIS:

KUPANG, Kataku.co.id - Potensi perairan Indonesia sangatlah menjanjikan sehingga dapat di jadikan sumber pengasilan bagi rakyat indonesi khususnya di Provinsi Nusa Tenggar Timur.

Hal ini, mendorong Dinas Pariwisata Provinsi NTT melakukan gebrakan dengan melakukan kegiatan lomba mancing. Kegiatan tersebut akan di gelar mulai tanggal 28 sampai 30 September 2018. "Potensi perairan NTT sangatlah menjanjikan sebagai sumber penghasilan dan pengembangan wisata bahari," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Provinsi NTT, Benediktus Wahon, Jumat ( 21/9/2018).

Beni Wahon mengatakan, salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan wisata bahari Provinsi NTT, sebagai bagian dari program pemerintah pusat Nawacita yang konseren di sektor kelautan.

"Kita di daerah terus berbenah diri dan juga turut mengembangkan wisata bahari dengan sajian sajian kegiatan yang inovatif, seperti lomba mancing ini," kata Beni Wahon.

 

 


Baca Juga:http://kataku.co.id/sail-moya-tambora-momentum-tepat-mempromosikan-sumbawa.html


Dikatakannya, kegiatan lomba mancing yang digelar Dispar NTT dengan sponsor ship maskapai Sriwijaya, Nam Air tersebut, memperebutkan piala tetap gubernur NTT, piala bergilir, uang pembinaan dan tiket pergi dan pulang Kupang - Bali. "Hadiah lainnya ini merupakan partisipasi sponsor ship dari maskapai penerbangan Sriwijaya dab Nam Air," kata Beni.

Lanjut Beni, lomba mancing ini dibuka untuk umum, sehingga akan diikuti oleh pemancing lokal, dari luar NTT dan pemancing nasional. "Yang sudah konfirmasi kehadiran ada 5 peserta nasional," ujarnya. Beni berharap, peserta lomba mancing tahun ini bisa meningkat. Pasalnya, sejak digelarnya lomba mancing ini, dari tahun ke tahun animo peserta terus meningkat. Sehinga ini merupakan potensi yang terus dikembangkan untuk memperkenalkan wisata bahari NTT.

"Kita harap peserta tahun ini bertambah. Kita lakukan dan kembangkan lomba mancing ini sebagai bagian memperkenalkan wisata bahari NTT," harapnya. Ditegaskannya, saat ini Pemprov NTT sedang menyiapkan diri dan menyampaikan kepada dunia luar, NTT sebagai The New Tourism Territory dengan tagline "NTT Bangkit, Rakyat Sejahtera". " Kita perlu berikan layanan terbaik bagi peserta pengunjung dan juga wisatawan domestik, dan mancanegara sebagai bagian dari warga dunia yang mau menikmati keindahan potensi wisata Provinsi NTT,"tegas Beni. Beni menambahkan, lokasi lomba mancing ini, akan difokuskan di Perairan Timor, Tablong, dan Perairan Pulau Semau, karena konsentrasi ikan dalam cluster lomba itu ada di wilayah perairan tersebut.

Sekedar di ketahui, potensi perairan di provinsi NTT sesuai data BPS khususnya wilayah perairan, didukung potensi panjang garis pantai ± 5.700 Km dan luas laut mencapai 15.141.773,10 Ha. Potensi yang mendukung sektor perikanan adalah Hutan Mangrove seluas ± 51.854,83 Ha (11 Spesies), terumbu karang sebanyak ± 160 jenis dari 17 famili, 42.685 rumah tangga perikanan, 808 Desa/Kelurahan pantai, jumlah 1.105,438 jiwa penduduk pantai, 194,684 orang nelayan (± 9,9 % dari jumlah Penduduk Desa Pantai).