Jamuan Lomblen Menembus Pasar Domestik

Minggu, 01 Januari 2017 19:33 Superadmin Dibaca 258x
Jamuan Lomblen Menembus Pasar Domestik
Jamuan Lomblen Temulawak dalam kemasan siap diminum/Piter/Kataku
SHARE THIS:

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh, hati, jantung dan ginjal memang tidak perlu diragukan lagi, sudah sejak jaman nenek moyang temulawak banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Temulawak selama ini memang telah dikenal sebagai obat herbal asli Indonesia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bagian yang banyak dimanfaatkan yaitu akar atau juga sering disebut rimpang. Akar inilah yang diolah menjadi obat herbal, cara pengolahannya juga berbeda-beda.Berkat tangan dingin Wim Kedang berhasil membuat usaha kecil dengan bahan dasar temulawak  sehinggga menghasilkan produk dengan nama Jamuan Lomblen (J-LO), Merupakan usaha kecil menengah yg di produksi oleh putra daerah Lembata, Wim Kedang dengan memaanfaatkan hasil alam bumi pulau Lomblen yakni Temulawak, kunyit kuning, kunyit putih, kencur dan jahe. Usaha ini sudah brjalan kurang lebih 1 tahun 6 bulan terhitung sejak dikeluarkan izin kesehatan dari DINKES Lembata, setelah melalui proses panjang di balai POM kupang. Niatan yang mendorong adanya minuman Jamuan Lomblen ini agar kita mampu menghargai hasil alam yang berkualitas untuk manfaat kesehatan yang di gunakan sejak jaman nenek moyang, apalagi belum tersentu zat – zat kimia dan limbah industri. Jamuan Lomblen  uangkap Wim yang diproduksi saat ini baik di jual di pulau Lembata dan sekitarnya dan  sudah di pasarkan di beberapa Kabupaten, Flores Timur, Sikka, Nagakeo, Ngada,Bajawa, Kupang, dan juga di kirim di beberapa daerah diluar NTT seperti Jakarta, Bali dan Batam dengan sekali produksi 500 bungkus yang siap di distribusikan dengan harga satu bungkus Rp. 25.000, tegasnya.

Berikut ini ada beberapa manfaat dari tanaman temulawak yang baik untuk kesehatan dan penting untuk Anda ketahui:

1. Menjaga kesehatan hati
Manfaat temulawak untuk kesehatan hati sangat baik, dimana fungsi hati dapat terjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi temulawak. Temulawak sangat baik untuk menjaga ataupun memelihara kesehatan hati, ini karena temulawak mengandung katagoga. Katagoga inilah yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

2. Mengurangi radang sendi
Temulawak juga mengandung kurkumin yang baik untuk kesehatan Anda, terutama untuk mengurangi radang sendi.

3. Menurunkan lemak darah
 Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu temulawak dapat menurunkan lemak darah. Temulawak menghasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoid, ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

4. Mengatasi penyakit maag
Untuk mengatasi penyakit maag, siapkan temulawak 1 rimpang. Cuci bersih dan buang kulitnya, iris menjadi tipis-tipis kemudian rebus menggunakan air sebanyak 5 gelas. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin dan setelah itu minum airnya secara rutin.

5. Melancarkan pencernaan
Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti perut kembung atau masuk angin dapat Anda atasi dengan menggunakan temulawak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi temulawak setiap hari secara rutin.

6. Menyehatkan jantung
Temulawak atau yang juga disebut curcuma ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Manfaat temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Temulawak memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

7. Mengatasi kanker Temulawak dipercaya dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan kanker prostat, dimana cara kerjanya yaitu dengan menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

8. Mengatasi gangguan ginjal
Manfaat temulawak untuk kesehatan ginjal juga tidak perlu diragukan lagi, dengan mengkonsumsi temulawak secara rutin maka gangguan ginjal yang terjadi dapat teratasi dengan baik. Caranya yaitu dengan menyiapkan temulawak sebanyak 2 rimpang, daun kumis kucing 1 genggam, 1 genggam daun meniran dan gula batu secukupnya.  

Cuci bersih semua bahan kecuali gula batu, temulawak diiris tipis-tipis. Campur semua bahan kemudian rebus menggunakan air sekitar 1000ml. Setelah mendidih tunggu hingga air yang tertinggal hanya tinggal setengahnya, angkat dan saring airnya. Gunakan airnya untuk diminum secara rutin setiap harinya. Itulah beberapa manfaat dari obat herbal temulawak yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga sedikit ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua, terimakasih telah membaca manfaat temulawak untuk kesehatan ini. Lembata.